Breaking News

Polisi Pastikan Rizieq Syihab Tak Hadiri Tabligh Akbar Di Surabaya, Mungkin Sudah Katar-ketir Ketakutan

SURABAYA - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Frans Barung Mangera memastikan imam besar FPI (Front Pembela Islam) Rizieq Syihab tidak hadir pada acara tabligh akbar yang diselenggarakan oleh Gabungan Umat Islam Bersatu Jawa Timur di Masjid Al-Falah Surabaya, Sabtu pagi, 28 Januari 2017.

Menurut Frans, Rizieq memang tidak punya jadwal ke Surabaya. Meski demikian, kata dia, polisi tetap akan menjaga kegiatan tersebut agar tidak ada gangguan. “Rizieq datang atau tidak datang polisi tetap siaga,” kata Frans saat dihubungi Tempo, Jumat sore, 27 Januari 2017.

Sebelumnya, sekitar seribu orang yang tergabung dalam Aliansi Kerukunan Umat dan Kebhinekaan berunjuk rasa ke Kepolisian Daerah Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis, 26 Januari 2017. Mereka menolak kedatangan Rizieq Syihab ke Surabaya. Massa mengancam bakal menghadang di Bandara Juanda bila yang bersangkutan nekat datang.

Dalam orasinya, salah seorang pengunjuk rasa mengaku bisa mengajak kelompok nasionalis di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik untuk mencegat Rizieq di bandara. “Jawa Timur sudah tenteram, jangan dirusak suasana ini dengan kegiatan-kegiatan provokatif yang mengatasnamakan agama,” ucap dia.

Frans berujar, ketidakhadiran Rizieq tidak berkaitan dengan unjuk rasa itu. “Memang Rizieq tidak ada schedule ke Surabaya,” ujarnya.

Ketua FPI Jawa Timur Haidar al-Hamid menuturkan jadwal Rizieq pekan ini tidak ceramah di Surabaya, melainkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurutya, Rizieq memprioritaskan ceramah di luar Jawa karena menganggap umat Islam di Jawa telah bertemu dengannya pada aksi besar 411 dan 212.


Ihwal penolakan kelompok lain atas kedatangan Rizieq, Haidar menilai sudah bukan barang baru. “Sudah biasa kami ditolak. Tapi nyatanya undangan ceramah pada Habib Rizieq tetap mengalir,” kata dia. TEMPO.CO

1 komentar:


  1. hai salam kenal ya,yuuk gabung di poker online kami di AJOQQ*COM agen poker resmi dan terpercaya hanya di sini tempatnya | pin bb : 58cd292c

    BalasHapus