Breaking News

Dalam Apel Akbar Nusantara Bersatu, Aher: Masyarakat Harus Tetap Bersatu!

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat ‎Ahmad Heryawan mengajak masyarakat untuk tetap bersatu menghadapi isu-isu perpecahan saat ini. Hal itu disampaikan dalam orasi apel "Nusantara Bersatu", di Lapangan Gasibu, Rabu 30 November 2016.

Menurut dia, Indonesia ditakdirkan sebagai negara yang unik. Indonesia memiliki ribuan kepulauan, suku bangsa, dan bahasa daerah. Meski beragam, kata dia, semua harus sepakat untuk mengatakan bahwa semuanya satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa yaitu Indonesia.

"Sejarawan Jerman pernah bilang soal Indonesia. Dia heran ternyata ada negara yang memiliki keragaman bisa seperti Indonesia bersatu. Sejarawan Jerman bangga dengan Indonesia, masa kita enggak," ujar dia.

Pendiri bangsa, Soekarno menurut dia, luar biasa dengan menciptakan empat pilar kebangsaan sebagai dasar negara Indonesia Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika. "Pancasila sebagai dasar negara, jelas kita yang ber-Ketuhanan yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, dan persatuan Indonesia," kata dia.

Menurut Heryawan, keberagaman merupakan fitrah dari Tuhan. Bukan untuk saling bertikai, membenci, tapi harus bersatu. Keberagaman adalah fitrah.

"Kalau tidak beragam tidak indah. Allah swt menciptakan keberagaman dan persamaan. Sama-sama manusia, tinggal di bumi. Betul ada perbedaan tapi sebanyak apa pun perbedaan tetap persamaan lebih banyak. Dua kesimpulan, pada saat perbedaan Allah mentakdirkan persamaan kita lebih banyak dari perbedaan, jadi kita harus tetap bersatu," tutur dia.


Pikiranrakyat.com

Tidak ada komentar